Selasa, 12 April 2016

poster sebagai media pembelajaran



Membungkus Makna dalam Poster
1.      Poster/Plakat
Poster atau plakat menurut pengertian yang bersumber dari Wikipedia Indonesia, ensiklopedia bebas berbahasa Indonesia adalah karya seni atau desain grafis yang memuat komposisi gambar dan huruf di atas kertas berukuran besar. Pengaplikasiannya dengan ditempel di dinding atau permukaan datar lainnya dengan sifat mencari perhatian mata sekuat mungkin. Karena itu poster biasanya dibuat dengan warna-warna kontras dan kuat. Poster sebagai Media Komunikasi Visual.
2.      Sepintas sejarah lay-out & pengertian poster
a.       1970 – 1990 masih ‘manual’
b.      1990 – sekarang ‘komputerisasi’
c.       Komposisi gambar dan huruf di atas kertas ukuran besar. Sifatnya ‘mencuri’ perhatian mata sekuat mungkin
d.      Sebagai sarana edukasi, informasi, iklan dan propaganda
e.       Poster bukan untuk dinimati sendiri!
3.      Langkah langkah mendesain sebuah poster
a.       Buat Tahapan Desain.
b.      Merupakan saatnya menghidupkan tema yang sudah dibuat.
c.       Pemilihan warna, pemilihan tipografi (huruf), pembuatan elemen,
d.      Penetapan layout dari poster.
e.       Sisakan space yang cukup dari poster sehingga tidak terlalu terkesan penuh sesak. Untuk pemilihan gambar sekali lagi perhatikan ukurannya.
4.      Mereka bentuk poster
a.       Mudah dibaca dalam jarak 7 feet (dua meter lebih sedikit)
b.      Ukuran umum A2 (840mm X 594mm, dapat disederhanakan sebagai 80cm X 60cm) catatan penting : ukuran yang tercantum dalam panduan PIMNAS (80cm X 160cm) diusulkan direvisi karena terlalu besar.
c.       Konsep yang direncanakan termasuk typeface yang diusulkan
d.      Full colour atau spot colour
e.       Gambar besar resolusi >300 dpi; gambar kecil resolusi at least 160 dpi
5.      Kriteria Poster
a.      VISUALS
-      Visible          : mudah dilihat
-      Interesting    : menarik
-      Structured    : terstruktur
-      Useful           : berguna, informatif
-      Accurate       : teliti
-      Legitimate    : mengikuti persyaratan
-      Simple          : sederhana
b.      FUNGSIONAL
Mempertimbangkan intelegensia potential audience. Memperhatikan daya baca pengamat. Tidak sekadar banyak dan ingin semua dicantumkan.
c.       PENAMPILAN
Memiliki nilai estetika dalam kombinasi bentuk, komposisi, warna, bagan teknis, pola dsb. Hati-hati dalam memilih tipografi, jangan gunakan huruf tegas untuk sesuatu yang feminine, misalnya.
d.      MARTABAT
Berkarakter dan tidak melanggar norma-norma ke-Indonesia-an.
e.       ERGONOMI
Mudah dibaca dan dipahami secara fisik.
f.        KUALITAS DAN WORKMANSHIP
Berkualitas baik dalam penggunaan dan perlakuan material. Misalnya tajam secara visual agar mudah di-scanning dengan cepat
g.      HARMONI
Keserasian
6.      Kisi-kisi kriteria penilaian poster pkm dalam pimnas
a.       Buatan Peserta Pelaksana PKM (Tidak dibuat oleh konsultan).
b.      Informatif, memiliki fungsi informasi yang sesuai (dipandang dari kekhususan masing-masing program PKM)
c.       Orisinal, bukan tiruan jika perlu disertai pernyataan bahwa poster dibuat sendiri
d.      Ringkasan deskripsi tentang poster yang akan dipresentasikan (pada seleksi tahap 2)
7.      Proses seleksi
a.       Tahapan Pertama - Seleksi administrative dan Nominasi
Adalah seleksi tahap awal yang mengacu pada hal-hal sebagai berikut:
1). Kelengkapan administratif, kesesuaian dengan ketentuan
2). Kesesuaian terhadap kriteria poster ilmiah dalam PKM
3). Originality Check oleh tim penilai.
Tahapan ini menghasilkan setidak-­tidaknya 5 (lima) poster unggulan dari masing- masing kategori yang diikutsertakan,
b.      Tahapan Kedua – Presentasi
melalui presentasi atau wawancara deskripsi desain poster dikaitkan dengan substansi kegiatan PKM
Poster yang diikutsertakan pada  tahapan ini adalah poster-poster unggulan dari masing-masing kategori yang diikutsertakan sesuai dengan hasil dari tahapan pertama.  Pemenang mendapat medali Emas
8.      Catatan penting untuk masing-masing poster bidang pkm
a.       Ada judul, nama pelaksana dan logo PT asal
b.      Latar belakang, singkat langsung kepada tujuan
c.       Permasalahan
d.      Tujuan – Metode – Hasil Temuan – Simpulan dan Saran
e.       Dilengkapi rencana usaha atau aktifitas usaha secara kuantitatif (nominal) untuk PKMK, penjelasan teknologi yang diterapkan untuk PKMT, profil masyarakat sasaran dan luarannya untuk PKMM, dan teori-metode yang diusung untuk PKMP
9.      Unsur-unsur penilaian
a. Unsur Penilaian Administratif
b.  Originality Check
c.  Unsur Penilaian Good Design

Tidak ada komentar:

Posting Komentar